Oleh: pdirmgresik | 20 Juli 2008

(Ber – ADVOKASI IRM)

Advokasi bisa berarti penyadaran, pendampinga, pembelaan, serta pemberdayaan. Dalam melakukan advokasi, diperiukan beberapa strategi:

1. Strategi informasi.

Contoh : menerbitkan majalah seperti KUNTUM, RETAS, dan TRANSFORMASI. Selain itu irmawan irmawati bisa melakukari advokasi lewat tulisan untuk dimuat di buletin, majalah, bahkan surat kabar, ataupun televisi dan radio.

2. Strategi kolaborasi.

Dalam strategi ini, kelompok kamu menjadi bagian dari kerja bersama kelompok-kelompok lain dalam menggolkan tujuan yang kamu perjuangkan. IRM di sekolah kamu bisa menggalang kerjasama dengan IRM sekolah lain atau OSIS sekolah lain. Atau mengajak kelompok jurnalistik sekolah untuk terlibat dalam program yang kamu perjuangkan.

3. Strategi konfrontasi.

Strategi ini ditempuh jika usaha negosiasi, dialog, dan diskusi tidak lagi berfungsi. Strategi ini bisa diterapkan daiam bentuk demonstrasi, mogok, pendudukan.

Kalau kamu seorang pengurus IRM sekoiah atau cabang, maka sekarang juga fokuskan kegiatan di sekoiah atau di cabang ke arah penyadaran siswa/remaja agar mereka menjadi siswa/remaja yang kritis. Pokoknya apa saja yang bisa kamu lakukan, lakukan!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: